Perlukah Guru PAUD/TK Belajar Musik?

Dari judul diatas, jawaban yang paling tepat adalah Iya. Alasannya adalah, karena pola pendidikan di PAUD dan TK menggunakan sistem 50% belajar dan 50% bermain.

Lagu bisa menjadi alternatif pengenalan anak murid untuk mengenal lingkungan sekitarnya (khususnya lagu anak-anak).

Alasan lain adalah, masa pra sekolah (PAUD dan TK) adalah masa golden age buat anak-anak. Siapa tahu diantara anak-anak yg belajar di PAUD dan TK memiliki bakat dalam dunia musik.

Dengan memiliki bakat tersebut, apabila guru dapat mengarahkan bakat muridnya, maka sang murid dapat berprestasi untuk kedepannya.

Namun, boleh dikatakan sebagai ironi jika melihat kenyataan sekarang kalau anak PAUD dan TK sekarang cenderung menghapal lagu yang tidak cocok untuk umurnya. Kok bisa?

Alasannya:
  1. Anak-anak jaman sekarang cenderung mudah mengakses media dan sesuatu yang viral melalui smartphone mereka. Sebagai contoh, sesuatu yang viral di Youtube ataupun media sosial yang lain, lebih mudah mereka kuasai dibanding lagu anak-anak.
  2. Sang guru tidak memiliki kemampuan bernyanyi maupun memainkan alat musik, sehingga sulit untuk mengajarkan anak muridnya bernyanyi maupun bermain musik.
  3. Sang guru kurang mahir membaca notasi sehingga mengandalkan apa yang pernah dipelajari waktu dia kecil dan mengajarkan kepada anak muridnya tanpa membandingkan lagu yang dinyanyikannya sesuai atau tidak dengan partitur notasi lagunya.
Jadi kalau demikian, apa solusi terbaik agar anak murid mahir bernyanyi dan bermain alat musik sederhana? Solusinya adalah, 
  1. Di jurusan PG PAUD/TK wajib di adakan mata kuliah musik. Agar calon guru yang ada dapat mempelajari materi musik agar calon guru setelah mahir, dapat mengajarkannya ke murid-muridnya kelak.
  2. Membiasakan menyanyi dengan suara yg tinggi, agar lagu yang dinyanyikan bersama anak-anak tidak terkesan lebih rendah dari nada dasar aslinya.

Dengan dua solusi ini, diharapkan anak PAUD dan TK dapat mengenal lingkungan sekitar melalui lagu anak-anak dan juga mengenal lagu-lagu tradisional maupun lagu Nasional, agar anak-anak tidak lagi menyanyikan lagu yang viral yang tidak sesuai dengan umur mereka.

anak bernyanyi
anak bernyanyi

Semoga dengan seperti ini, bakat anak-anak PAUD/TK di usia golden age ny bisa terasah dan menjadi prestasi baginya dan bagi sekolah di kemudian hari. Dan juga dapat menumbuhkan kefasihan terhadap lagu anak-anak maupun lagu nasional dan daerah.


Jangan sampai anak-anak belajar lagu dari youtube dan tiktok yang viral dan jauh diatas umurnya



By. don.s

Comments

Informasi

Tulisan ini untuk membagi cerita seputar musik.
Silahkan komentar dan tinggalkan jejak untuk perubahan lebih baik lagi.