Musik Opera Abad Pertengahan Di Eropa

Opera adalah seni pertunjukan yang memadukan musik, vokal, tari, dan dialog. Kata opera berasal dari bahasa Latin opera, bentuk jamak dari opus, yang artinya karya. Dalam bahasa Jerman disebut oper, sedangkan dalam bahasa Perancis opéra. Seni opera merupakan salah satu bentuk pertunjukan high-art yang lahir, berkembang, dan populer di Eropa.


Opera tradisional terdiri atas dua mode nyanyian: resitatif, deklamasi, dan nyanyian, yang menunjuk kepada bagian tunggal yang dinyanyikan. Opera dinyanyikan biasanya dengan suara yang tinggi. Bagian yang dinyanyikan yang pendek juga diserahkan ke ariosos. Masing-masing macam nyanyian diiringi alat musik. Peran-peran yang dibawakan penyanyi opera ditentukan oleh "fach" penyanyi tersebut. Fach pada penyanyi pria dapat dibedakan menjadi "tenor", " baritone", dan "bass". Untuk penyanyi wanita "soprano", " mezzo-soprano", dan "contralto".

Cikal bakal opera modern muncul di Italia sekitar abad ke-16-17 di kota Florensia. Saat itu sejumlah intelektual kerap berkumpul di ruang pribadi Count Bardi yang kemudian membentuk komunitas kecil bernama Cameratta. Komunitas ini melihat adanya kekuatan emosi dari musik yang digabungkan dengan kata-kata. Sebelumnya musik hanya berupa alunan harmoni sekumpulan instrumen tanpa vokal. Mereka mempelajari secara seksama tentang apa yang dikatakan filsuf Yunani, Plato, bahwa dalam sebuah drama kedudukan lagu itu berada di atas dialog, dan Aristoteles yang menjelaskan bahwa kata-kata dalam drama dapat diperindah dengan musik. Berdasarkan kedua hal itulah Cameratta merestorasi dan menciptakan kembali bentuk drama Yunani, dimana dialog dilakukan melalui nyanyian dan iringan paduan suara.

Cameratta mengadaptasi bentuk musik paduan suara yang sudah ada sebelumnya, yaitu madrigal dan pastoral. Madrigal adalah paduan suara yang sifatnya sangat dramatis dan harmoninya kompleks, menghadirkan bentuk word painting dengan aksen dan dinamika musik yang dapat memberi penekanan pada kata-kata. Pastoral adalah gaya musik masa Renaissance dimana puisi atau drama diberi iringan musik.

Macam-macam bentuk Opera pada abad pertengahan:
  1. Opera Buffa (Opera Komedi)
  2. Opera di Perancis dan Jerman
  3. Opera Seria




Comments

Informasi

Tulisan ini untuk membagi cerita seputar musik.
Silahkan komentar dan tinggalkan jejak untuk perubahan lebih baik lagi.